Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Fisioterapi Muskuloskeletal » Fisioterapi Pada Frozen shoulder : Defenisi Frozen shoulder

Fisioterapi Pada Frozen shoulder : Defenisi Frozen shoulder

(53 Views) November 20, 2015 3:02 am | Published by | No comment

Fisioterapi Pada Frozen shoulder : Defenisi Frozen shoulder

Frozen shoulder merupakan istilah yang merupakan wadah untuk semua gangguan pada sendi bahu yang menimbulkan nyeri dan pembatasan lingkup gerak sendi baik aktif maupun pasif akibat capsulitis adhesive yang disebabkan adanya perlengketan kapsul sendi, yang sebenarnya lebih tepat untuk menggolongkannya dalam kelompok periarthritis (Sidharta, 1984). Dalam pendapat yang lain frozen shoulder adalah penyakit kronis dengan gejala khas berupa nyeri bahu dan pembatasan lingkup gerak sendi bahu yang dapat mengakibatkan gangguan aktivitas kerja sehari-hari (AAOS, 2000).

Frozen shoulder dibagi 2 Klasifikasi, yaitu :

1. Primer/ idiopatik frozen shoulder

Merupakan frozen yang tidak diketahui penyebabnya. Frozen shoulder lebih banyak terjadi pada wanita dari pada pria dan biasanya terjadi usia lebih dari 41 tahun. Biasanya terjadi pada lengan yang tidak digunakan dan lebih memungkinkan terjadi pada orang-orang yang melakukan pekerjaan dengan gerakan bahu yang lama dan berulang.

2. Sekunder frozen shoulder

Merupakan frozen yang diikuti trauma yang berarti pada bahu misalnya fraktur, dislokasi, ataupun luka bakar yang berat meskipun cedera ini mungkin sudah terjadi beberapa tahun sebelumnya.

Penyebab Frozen shoulder ?

Categorised in:

No comment for Fisioterapi Pada Frozen shoulder : Defenisi Frozen shoulder