Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Fisioterapi Muskuloskeletal » Fisioterapi Pada Frozen shoulder : Penyebab Frozen shoulder

Fisioterapi Pada Frozen shoulder : Penyebab Frozen shoulder

(80 Views) November 25, 2015 2:50 pm | Published by | No comment

Penyebab Frozen shoulder

Etiologi dari frozen shoulder masih belum diketahui dengan pasti. Adapun faktor predisposisinya antara lain periode immobilisasi yang lama, akibat trauma, over use, cidera atau operasi pada sendi, hyperthyroidisme, penyakit kardiovaskuler, clinical depression dan Parkinson (AAOS, 2000). Menurut American Academy Of Orthopedic Surgeon (2000), teori yang mendasari terjadinya frozen shoulder adalah sebagai berikut :

1. Teori hormonal

Pada umumnya frozen shoulder terjadi 60 % pada wanita bersamaan dengan datangnya menopause.

2. Teori genetik

Beberapa studi mempunyai komponen genetik dari frozen shoulder, contohnya ada beberapa kasus dimana kembar indentik pasti menderita pada saat yang sama.

3.Teori auto immun

diduga penyakit ini merupakan respon auto immun terhadap hasil-hasil rusaknya jaringan lokal.

4. Teori postur

Banyak studi yang belum diyakini bahwa berdiri lama dan postur tegap menyebabkan pemendekkan pada salah satu ligamen bahu.

Walaupun banyak peneliti sependapat bahwa immobilisasi merupakan faktor penting dari penyebab frozen shoulder sendi glenohumeral. Ada beberapa kondisi predisposisi yang lain, pertama usia pasien. Adhesive capsulitis tidak terjadi pada usia muda, tetapi sering pada usia pertengahan. Kedua, refleks spasme otot penting dalam perubahan fibrotic primer.

Patologi Frozen shoulder

Categorised in: