Manfaat Renang Pada Bayi

Silvia
By Silvia May 4, 2015 09:34 Updated

Manfaat Renang Pada Bayi

dfgrbsfbar

Manfaat Renang Pada Bayi

Beberapa tahun terakhir ini, beberapa hasil penelitian yang muncul memang menunjukkan sejumlah keuntungan memperkenalkan aktifitas berenang kepada bayi.

Bagi si kecil berenang kegiatan yang menyenangkan. Ternyata aktivitas bermain air ini juga memiliki segudang manfaat untuk anak-anak. Apa saja manfaatnya?

Apa Manfaat Berenang bagi Bayi?

1. Keseimbangan
Bayi yang diajar berenang menunjukkan keseimbangan yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa perbedaan ini terus nampak hingga anak-anak tersebut berusia 5 tahun. Anak-anak berusia 5 tahun tersebut dikumpulkan dan diamati… ternyata mereka yang sudah terbiasa berenang sejak bayi lebih baik keseimbangannya dibandingkan yang tidak…

2. Kemampuan Menggenggam
Hal yang sama juga ditemui pada kemampuan si bayi untuk meraih, menggenggam dan memegang sesuatu. Bayi yang terbiasa berenang menunjukkan kemampuan yang lebih baik.

3. Percaya Diri
Ketika si kecil memperoleh pujian dan penghargaan seiring dengan peningkatan kemampuannya berenang, ia akan tumbuh dengan kepercayaan diri yang positif. Ia pun akan mulai percaya diri dengan kemampuannya bisa mendalikan diri dengan baik di dalam air.

4. Terbiasa dengan Air
Bayi akan menjadi terbiasa dengan air dan terbiasa ‘berada dalam air’, sehingga ia tidak mudah panik ketika suatu saat tercebur ke dalam genangan air. Ini merupakan modal baginya berkaitan dengan keselamatan dalam air.

Pada anak-anak yang tidak terbiasa dengan air, jangankan tercebur… ketika kepalanya diguyur air saat mandi saja mereka akan berteriak-teriak… :)

5. Memperkenalkan Pola Hidup Sehat
Berenang merupakan aktifitas yang sangat baik untuk kesehatan, karena seluruh tubuh akan menjadi aktif. Berenang juga terbukti baik bagi kesehatan jantung dan paru-paru. Jika Anda memperkenalkannya kepada buah hati Anda sejak dini, maka ini bisa menjadi sesuatu yang akan mereka biasakan hingga dewasa.

6. Memperkuat Ikatan Orang Tua-Anak

Kegiatan berenang dengan si kecil akan membuat ikatan antara Anda dengannya menjadi semakin kuat. Anda akan kecipak-kecipuk bersama, tertawa bersama, ia akan belajar mempercayai Anda, ia akan terbiasa menerima pujian dari Anda, dan masih banyak lagi segi positif terhadap hubungan Anda dengan bayi Anda.

7. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa
Ketika Anda berenang bersama buah hati Anda, maka akan terjadi proses komunikasi yang positif. Contoh, ketika Anda mengucapkan “Tendang, tendang, tendang!”, maka kata-kata yang diucapkan terus menerus dan berulang kali ini akan direkam olehnya, sehingga menambah pemahaman dan kosa kata si bayi. Semakin banyak kata yang didengarnya secara berulang, semakin bertambah kemampuan bahasanya.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur
Bayi yang secara rutin berenang ternyata terlihat meningkat kualitas tidurnya.

9. Berenang dapat melatih motorik tanngan dan Kaki

Usia Berapa Bayi Dapat Mulai Berenang?

Anda bisa mulai mengajak si kecil berenang sejak usia 1,5 bulan. Karena pada dasarnya, bayi sudah bisa mulai diajak ‘nyebur’ sejak baru lahir lho!

Beberapa Tips Penting

Meskipun banyak manfaatnya, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dan persiapkan agar kegiatan ini tidak berakhir membahayakan kesehatan si kecil…

  • Air hangat untuk bayi di bawah usia 6 bulan (> 32° C)
  • Mulailah berenang selama 10 menit. Jika sudah terbiasa, Anda bisa membiarkannya berada dalam air hingga selama 1/2 jam (untuk anak usia < 1 tahun, sebaiknya berenang tidak melebihi 1/2 jam)
  • Perhatikan jika si kecil sudah mulai menggigil – segera keluarkan ia dari air
  • Jangan ajak bayi yang sedang kurang sehat untuk berenang
  • Siapkan peralatan seperti handuk bertudung kepala, makanan kecil (jika ia sudah menerima MPASI), mainan air, alas untuk mengganti baju.
Silvia
By Silvia May 4, 2015 09:34 Updated
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

GALERI FATIH

ADSENSE

×
×