Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Fisioterapi Kesehatan Wanita » Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil

Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil

(69 Views) May 4, 2015 8:40 am | Published by | 1 Comment

928869_1408934259398711_719654758_ngghh

Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil

Banyak ibu hamil takut untuk melakukan olahraga renang dan gaya renang sperti apa yang cocok untuk ibu hamil? Faktanya berenang merupakan salah satu olahraga terbaik yang bisa dilakukan ibu hamil.

Alasan yang paling sering diungkapkan ibu hamil memilih berenang karena olahraga tersebut membuat mereka merasa lebih ringan. Perasaan ini tentu meyenangkan, terutama untuk wanita yang kehamilannya sudah memasuki trimester ketiga.

Tak hanya itu, berenang juga termasuk olahraga yang risiko cideranya kecil. Saat berenang, ketimbang olahraga lainnya, wanita hamil pun tak akan kegerahan.

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa berenang merupakan salah satu olahraga terbaik bagi ibu hamil. Berenang sangat baik sebab sangat bagus melatih otot otot besar (kaki dan tangan). Memberi manfaat bagi kinerja jantung dan juga mempermudah menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang over weight. Selain itu olahraga berenang dapat menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi. Namun meskipun demikian disarankan ibu hamil setiap 15 menit sekali minum satu gelas air selama melakukan olahraga renang dan satu gelas setelah selesai. Olahraga berenang sendiri bisa dilakukan ibu hamil selama 30 menit dalam sehari. Gaya dada cocok dilakukan oleh ibu hamil karena tidak membutuhkan banyak putaran seperti pada gaya bebas juga hanya membutuhkan tenaga yang minim. Selain itu gaya punggung juga baik dilakukan oleh ibu hamil saat renang karena air dapat mengurangi efek gravitasi pada tubuh dan dengan posisi terlentang menghindari resiko terganggunya aliran darah.

Seperti dikutip dari Baby Center, berikut manfaat lainnya dari berenang saat hamil:
1. Melancarkan sirkulasi darah
2. Meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru
3. Meningkatkan kekuatan dan pembentukan otot. Berenang dapat membuat otot-otot rahim dan panggul lebih kuat sehingga bisa memudahkan ibu saat bersalin.
4. Menambah daya tahan tubuh
5. Mengurangi pembengkakan saat hamil
6. Membakar kalori
7. Tidur lebih nyenyak
8. Mengusir lelah

Setelah mengetahui manfaatnya, tentu Anda tak ragu lagi untuk berenang saat hamil. Namun selain memahami kegunaannya, Anda juga perlu tahu tips aman berenang saat tengah mengandung.

Jika ibu sebelum hamil sudah rutin berenang, aktivitas tersebut tentu tidak akan menjadi masalah jika dilanjutkan ketika benar-benar sudah berbadan dua. Namun kalau ibu sebelumnya tidak atau jarang berenang, konsultasikan dulu ke dokter atau bidan. Sebaiknya ibu jangan terburu-buru berenang. Mulailah dengan pemanasan dan pendinginan.

Saat sudah di dalam air, orang biasanya jadi lupa merasa haus. James M. Pivarnik, Ph.D dari Michigan State University mengatakan, meskipun tidak ada rekomendasi resmi soal berapa banyak air yang harus diminum ibu hamil saat olahraga, sebaiknya Anda minum satu gelas air sebelum berenang. Minumlah satu gelas air setiap 20 menit sekali saat melakukan olahraga tersebut agar ibu tidak dehidrasi. Minum lagi satu gelas air setelah ibu keluar dari kolam renang.

No comment for Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *