Senam Otak Untuk Kecerdasan / Brain Gym

Silvia
By Silvia December 3, 2015 14:56

Senam Otak Untuk Kecerdasan / Brain Gym

Senam Otak Untuk Kecerdasan / Brain Gym

Banyak cara untuk menjaga pertumbuhan otak yang maksimal , tidak hanya dengan menjaga gizi asupan makanya saja, akan tetapi ada beberapa cara yang bisa membantu untuk meningkatkan kecerdasan , salah satunya dengan Senam Otak (Brain Gym).
Brain gym / senam otak adalah rangkaian gerak tubuh yang dikembangkan oleh Educational Kinesiology Foundation, Amerika Serikat. Disebut brain gym lantaran gerakannya sederhana namun bermanfaat dalam membantu perkembangan otak secara keseluruhan. Selain itu, koordinasi mata, telinga, tangan dan seluruh anggota tubuh pun dapat diasah melalui brain gym.
Para orang tua di Indonesia mulai mengenal istilah brain gym sejak awal tahun 2000-an. Meski baby brain gym ditujukan bagi anak usia dini (0-3 tahun), pada dasarnya brain gym tidak mengenal batas usia. Bagi orang dewasa, brain gym mampu mengurangi penyakit pikun.”Meski idealnya dilakukan sejak dini, tapi usia berapa pun bisa mempraktikkan metode ini.
Pada mulanya Senam otak atau Brain Gym dimanfaatkan bagi anak-anak yang mengalami kesulitan-kesulitan seperti sakit ADD (Attention Deficit Disorder), hiperaktif, kerusakan otak, sulit konsentrasi dan depresi. Dengan melakukan gerakan-gerakan Brain Gym kesulitan diatas dapat diperbaiki kemampuan otaknya. namun dalam perkembangan selanjutnya Brain gym digunakan untuk bermacam-macam kegunaan. Bahkan orang yang lanjut usia yang sudah kehilangan kewas-padaan serta refleks-nya, dapat dibang- kitkan kembali lewat Brain Gym. Di Amerika dan Eropa Brain Gym sudah populer, karena terbukti manfaatnya dan juga gerakan-ge-rakan yang mudah dilakukan.

Manfaat Brain Bym

Brain gym diakui sebagai salah satu teknik belajar yang paling baik, sehingga banyak manfaat yang terdapat dalam brain gym itu sendiri. Manfaat di berikannya brain gym adalah :

  • Memungkinkan belajar dan bekerja tanpa stress
  • Dapat dilakukan dalam waktu singkat (kurang dari 5 menit)
  • Tidak memerlukan bahan atau tempat yang khusus
  • Dapat dipakai dalam semua situasi belajar/bekerja juga dalam kehidupan sehari-hari
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Menunjukkan hasil dengan segera
  • Sangat efektif dalam penanganan seorang yang mengalami hambatan dan stress belajar.
  • Memandirikan seorang dalam belajar dan mengaktifkan seluruh potensi dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang.
Silvia
By Silvia December 3, 2015 14:56
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

GALERI FATIH

ADSENSE

×
×